Jika anda pernah memotong bawang merah, pastinya anda pernah merasakan kesedihan yang disebabkan oleh bawang merah ini ya. Itu karena kandungan yang dimiliki bawang merah ketika diiris atau dihancurkan, sel – sel yang terdapat di dalam bawang merah akan teripisah dan zat yang terpisah itu mengeluarkan gas yang menciptakan reaksi kimia yang kuat. Gas yang dikeluarkan oleh bawang merah saat diiris atau dihancurkan dapat mengenai mata dan mengenai saraf sensorik mata sehingga membuat mata teriritasi. Untuk mengurangi terjadinya hal seperti ini, anda dapat melakukan hal dibawah ini:

Hal – Hal yang dilakukan agar tidak menangis saat memotong bawang merah.

  1. Simpan bawang merah dalam lemari es atau rendam dalam air sebelum anda mencacah, mengiris atau menghancurkan bawang merah.
  2. Karena bawang merah disimpan dalam lemari es atau di rendam dalam air, maka hal tersebut dapat memperlambat proses reaksi dengan mengurangi suhu bawang merah dan dapat juga mengurangi zat yang menyebabkan mata teriritasi.
  3. Namun, jika anda melakukan hal tersebut agar membuat mata anda tidak menangis, maka rasa bawang merah akan menjadi semakin melemah.

Manfaat Bawang Merah

Bawang merah juga diketahui sering digunakan sebagai bumbu masak saat memasak di dapur dan menjadi salah satu bumbu favorit yang digunakan oleh ibu rumah tangga yang ada dirumah karena memberikan rasa yang gurih. Kegunaan bawang merah yang lainnya adalah:

  1. Bawang merah dalam masakan juga dapat bertindak sebagai agen antioksidan karena senyawa yang terdapat di dalam bawang merah dapat membantu mengurangi mutasi sel yang bisa saja menjadi penyakit kanker.
  2. Bawang merah dapat juga meningkatkan sirulasi dalam tubuh dengan membantu produksi sel darah merah. Karena produksi sel darah merah meningkat yang menyebabkan sirkulasi darah juga meningkat yang membuat sel darah merah membawa lebih banyak oksigen pada area yang penting dan memicu pertumbuhan metabolism dan sel baru.
  3. Apabila anda ingin menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda, bawang merah dapat juga menurunkan kadar kolesterol, karena memiliki senyawa allicin, senyawa ini menghambat enzim reduktase yang diproduksi di hati, yaitu enzim yang mengontrol produksi kolesterol. Karena bawang merah dapat menurunkan kadar kolesterol, maka akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke.
  4. Senyawa yang terkandung dalam bawang merah dapat juga mengurangi tekanan darah yang terdapat di dalam tubuh, hal ini melemaskan dinding pembuluh darah dan memungkinkan darah mengalir lebih bebas. Sehingga dapat pembekuan dan tekanan pada system kardiovaskular yang dapat membantu kesehatan jantung.
  5. Selain menjadi bumbu masak, ada juga kegunaan lain yang dimiliki oleh bawang merah ini. Yaitu digunakan sebagai obat dalam pengobatan.

Dalam beberapa tahun yang lalu, sempat terjadi kenaikan harga barang bahan pokok dapur, seperti bawang merah, sehingga membuat pengeluaran terutama ibu rumah tangga untuk membeli bumbu masakan bawang merah naik. Untuk mengantisipasi terjadinya hal tersebut kembali, sebaiknya ibu – ibu rumah tangga atau siapapun yang berada di rumah dapat melakukan budidaya bawang merah dengan cara menanam bawang merah di rumah.

Cara menanam bawang merah di rumah dengan mudah:

  1. Perisapkan bahan – bahan yang diperlukan:
    Bahan – bahan yang perlu anda siapkan sebelum menanam bawang merah di rumah adalah:
    1. Bibit bawang merah
    (Untuk bibit bawang merah, tidak perlu mengambil di luar rumah, cukup ambil bawang merah yang ada di dapur dan cari yang kondisinya paling bagus dan segar)
    2. Tanah subur
    3. Media tanam
    3. Pot
  2. Cara menanam bawang merah
    Setelah anda mengumpulkan semua perlengkapan yang anda perlukan untuk menanam bawang merah, kini saatnya untuk memulai menanam bawang merah.
    1. Campurkan media tanam dan tanah subur yang sudah anda kumpulkan dan masukan ke dalam pot. Isi pot tersebut sampai dengan ¾ isi.
    2. Ambillah beberapa bibit bawang yang berkualitas paling bagus dan hindari bawang yang memiliki bercak hitam karena dapat membuat pohon bawang nantinya terkena penyakit.
    3. Potong sedikit bagian atas bawang sampai terlihat daging bawang merah. Jika bawang merah yang anda potong sudah memiliki tunas, maka tidak perlu dipotong lagi.
    4. Tanam bawang – bawang merah tersebut di dalam tanah di kedalaman 5 cm dan timbun dengan tanah dan tidak perlu di tekan tekan agar tanah tersebut ada rongga – rongga.
    5. Tidak lupa untuk selalu di siram secara rutin pada pagi dan sore hari. Disarankan untuk menggunakan semprotan tanaman saat menyirami tanaman bawang merah agar tidak rusak.
  3. Cara merawat tanaman bawah merah
    1. Siram tanaman bawang merah sebanyak 2 kali sehari agar kebutuhan air tanaman bawang merah terpenuhi setiap hari dan jangan siram terlalu banyak agar bawang tidak busuk.
    2. Disarankan untuk ditempatkan di area yang terkena sinar matahari agar proses pertumbuhan bawang merah maksimal
    3. Hindari menanam terlalu banyak bawang dalam satu pot karena bibit bawang merah tersebut membutuhkan ruang untuk bertumbuh nantinya.
  4. Cara memanen bawang
    1. Jangka waktu bawang merah untuk dipanen biasanya setelah masa pertumbuhan 60 sampai dengan 90 hari penanaman. Jika ingin memanen bawang merah, anda dapat melihat dengan cara mencari daun yang sudah agak layu dan kering.
    2. Cara lain yang dapat anda lakukan adalah dengan melihat bagian tanah pot tersebut. Biasanya untuk bawang merah yang sudah siap panen adalah bawang yang akan terlihat menyembul ke atas.
    3. Saat anda sudah memanen bawang merah, maka anda dapat langsung mengonsumsi bawang merah tersebut. Atau dapat juga anda jemur selama 1 sampai dengan 2 minggu untuk mengurangi kadar kandungan air di dalam bawang merah, dan bawang merah yang sudah memiliki kandungan air yang sedikit, maka akan lebih awet disimpan dan tidak mudah busuk

Saat memantau perkembangan pertumbuhan bawang merah, anda perlu mengantisipasi beberapa hama yang dapat menganggu pertumbuhan bawang merah, seperti

  1. Ulat daun
    Tanda – tanda yang dapat anda lihat jika terdapat hama ulat daun adalah dengan adanya bercak putih transparan di daun bawang merah yang dapat menyebabkan daun mongering.
  2. Lalat penggorok daun
    Lalat ini biasanya adalah lalat betina yang akan menempatkan telur – telur nya pada daun bawang merah dengan cara ditusuk. Setelah itu, daun bawang merah akan timbul warna bintik putih kecil dan lama kelamaan akan menjadi garis lurus.

Dengan menanam bawang merah di rumah, anda dapat menekan biaya pengeluaran untuk bawang merah, karena sekarang anda dapat menanam bawang merah sendiri di rumah dan caranya juga sangat mudah untuk diterapkan karena anda dapat menggunakan berbagai barang bekas sebagai media tanam seperti botol bekas.

Daripada di buang lebih baik digunakan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat ya kan? Selain menekan biaya pengeluaran untuk membeli bawang merah, anda dapat memanen dan menikmati bawang merah hasil perkebunan anda sendiri dan menggunakannya untuk masakan anda.

Pastikan bertanam bawang merah disesuaikan dengan panduan cara menanam bawang merah yang tepat, agar hasil bawang merah memiliki kualitas bagus dan sesuai.